Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Pemberdayan Ekonomi Masyarakat
Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dengan Narasumber dari Dinas Koperasi dan UMKM dan juga ketua UPK Kecamatan Ganeas

Salah satu permasalahan yang sering muncul di masyarakat dewasa ini adalah menurunnya daya beli masyarakat. Salah satu faktor yang menjadi penghambat meningkatnya daya beli masyarakat adalah masih rendahnya tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Berdasarkan pertimbangan dari permasalahan tersebut maka perlu adanya suatu usaha yang nyata untuk dalam peningkatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat tersebut. Tumbuhnya usaha-usaha baru akan dengan sendirinya memicu pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Karenanya usaha-usaha kecil yang tumbuh di desa menjadi pilar bagi terciptanya perekonomian massyarakat.

Oleh karenanya pemerintah desa sebagai pemegang kebijakanĀ  mempunyai tugas untuk mendorong tingkat pertumbuhan ekonomi dengan menstimulan tumbuhnya usaha kecil baru. alngkah-langkah kreatif dan inofatif dari Pemerintah Desa Ganeas diharapkan dapat merangsang masyarakat untuk mampu mandiri dalam menjalankan usahanya.

Kurangnya minat masyarakat untuk mau memulai usaha atau berwirausaha menjadi tantangan yang harus segera diatasi. Mayarakat lebih tertarik untuk menekuni bidang pekerjaan yang mampu memberikan jaminan secara finansial. Wirausaha bagi sebagian masyarakat masih dipandang sebagai mata pencaharian yang mengandung begitu banyak resiko. Dimuali resiko permodalan, kerugian hingga kebangkrutan usaha.

Untuk ituĀ  atas inisiatif pemerintah desa mengundang stake holder yang membidangi masalah perekonomian yaitu Dinas Koperasi dan UMKM. Mereka diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat agar memiliki minat berwirausaha. Karena pada dasarnya Pemerintah sudah menginventarsir segala bentuk permasalahan yang seringkali dihadapai para wiraushawan sekaligus memberikan solusi dengan program dan kegiatan yang nyata.

Atas dasar dua kepentingan tersebut maka Pemerintah Desa Ganeas menyelenggrakan Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dengan peserta dari masyarakat desa yang telah memiliki usaha maupun akan mendirikan usaha.

Ketua UPK Kecamatan Ganeas
Ketua UPK Kecamatan Ganeas sedang memberikan materi dalam Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Ganeas

Disamping itu kegiatan ini juga diharapkan bisa memicu semangat para wirausahawan pemula agar tumbuh lebih maju dan juga mampu memperluas jaringan usaha mereka.

Kegiatan yang dihadiri oleh peserta sebanyak 40 orang dan diisi oleh 2 orang Narasumber dari Dinas Koperasi dan UMKM menjadi terobosan untuk tumbuh kembangnya usaha di Desa Ganeas. Turut hadir pula Ketua UPK menyampaikan materinya sekaligus memberikan informasi mengenai permodalan yang bisa diakses oleh masyarakat khususnya pelaku wirausaha. Ini sekaligus menjadi jawaban bagi para calon pengusaha yang seringkali mengeluh sulitnya mengkases permodalan untuk berwirausaha

Dilihat dari animo peserta maka kegiatan ini setidaknya memberikan harapan bagi Pemerintah Desa Ganeas akan tumbuh kembangnya usaha-usaha baru di Desa Ganeas. Ditambah dengan antusiasme dari para peserta memberikan dorongan untuk kedepannya agar kegiatan ini bisa ditindaklanjuti dengan kegiatan yang akan lebih memberikan peluang bagi tumbuhnya usaha-usaha ekonomi di desa.

Kekurangan dan kelemahan dalam kegiatan ini akan menjadikan cambuk bagi pelaksansa kegiatan untuk bisa menyajikan kegiatan yang lebih baik kedepannya. Tentu ditunjang pula dengan peran serta masyarakat sebagai sasaran sekaligus objek dalam penumbuhan usaha ekonomi di Desa Ganeas (sur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *